Just Sharing (My Job Desc)

June 18, 2010 at 2:43 pm 3 comments

Kali ini saya pingin cerita aja, tentang apa sih job desc saya(yang hampir hampir 2 tahun ini saya jalani) sebagai BA-Business Analyst di tempat kerja.

Dimulai dari adanya prospek,

1. Saya akan bantu siapkan bahan presentasi untuk ke klien. biasanya berupa slide presentasi yang isinya adalah company profil , solusi kita terhadap masalah mereka. Bersamaan dengan itu, saya akan pelajari sejauh mana scope pekerjaan yang akan kita tangani.

2. Dengan di ketahuinya scope project, Saya akan buatkan schedule projectnya, sehingga bisa ditentukan harga project. (kebetulan yang menghitung harga project bukan wewenang BA :p ) untuk selanjutnya dibuatkan proposal.

3. Setelah Klien Menyatakan OK, dan kontrak ditandatangan barulah akan diadakan requirement gathering. Dini, baik klien maupun BA sama2 sangat berperan penting. BA diharapkan dapat mengorek informasi sedetil2nya dari si klien. dan Klien juga harus memberikan info yang sedetil-detilnya.

4. Dari hasil requirement gathering, untu selanjutnya saya bersama temen BA yang lain mulai membuat dokumen FSD (Functional Spesification Document) yang jumlah nya ratusan halaman. wuuhh….Dokumen ini harus menjelaskan sedetil mungkin, mengenai aplikasi yang akan di buat.

5. FSD Jadi, selanjutnya kita akan buat tes scenario(sama, ratusan halaman juga) hahaha… tes scenario ini nantinya akan digunakan tester sebagai langkah2 untuk melakukan testing. testing yang selama ini baru saya lakukan hanya black box testing. untuk white box testing selama ini dilakukan oleh System Analyst. 

6. *Team Developer mulai koding*

7. Setelah ada module yang sudah selesai dikerjakan, biasanya BA akan melakukan testing. kebetulan tester di tempat kerja aku juga dilakukan oleh BA. tapi sepertinya untuk project selanjtnya, sudah ada yang namanya tester. Kita mulai ngumpulin kutu2(bug) nya developer hehehehe…. bug itu sering bikin kesel.. tapi juga melatih sabar.. sabar untuk BA, begitu pula developernya😀

8. Bug Fixing, ini saat nya developer betulin bug. Sementara developer benerin bug, BA membuat User manual.. wooo… ratusan lembar lagi…

9. setelah semua di nyatakan OKe oleh QC, barulah aplikasi di deploy ke server klien. 

10 Selanjutnya adalah UAT.

11. BAST (Berita Acara Serah Terima) , slesai deeeh… 

Capek jadi BA, tapi saya seneng sih jalanin nya… daripada sebelumnya saya sempet jadi developer.. suka stress..😀 . tapi ada juga lho developer yang ga mau jadi BA.. hehehe… kerjaannya banyak katanya.. huwehehe…

Entry filed under: About My Job, Informasi. Tags: .

Resah Lagi BA (Business Analyst)?

3 Comments Add your own

  • 1. mohawk  |  April 3, 2012 at 1:46 pm

    Ga juga sih gan, BA kadang kala suka ngandelin kerjaan pendokumentasian semuanya sama tester yg sekaligus juga merangkap technical writer .. BA di tempat ane mau matengnya ajah., haha. mangkanye ane tertarik jadi BA, klo ada lowongan kasih tau ane ya Gan .. :))

    Reply
  • 2. Irma Kurnia  |  June 5, 2012 at 9:25 am

    Keluh kesah selama jadi BA apa sis?
    Bagi Infonya ya..🙂
    thanks..

    Reply
  • 3. Y.Azhari  |  May 25, 2015 at 1:30 pm

    Ketika UAT BA harusnya melibatkan IT Service (Helpdesk atau IT Operation) juga agar jika ada aplikasi yang baru go live tapi masih ada bug nya tim IT Service bisa menjelaskan/menghandle ke user. Dan aplikasi yg akan go live harusnya di cek oleh tim Quality Ansurance atau DBA nya agar benar2 sudah dipastikan tidak ada bug/error lain. Di tempat saya BA mengalihkan pekerjaannya ke IT Service (Helpdesk) setelah aplikasi go live, itu tidak fair. BA harusnya memberi garansi beberapa hari/minggu setelah aplikasi go live.

    Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


About Me

Seorang Istri , Seorang Ibu. owner www.TokobajuMuslimah.com

Pusat Busana Muslimah


