Aplikasi untuk perusahaan farmasi

July 12, 2010 at 9:01 pm 1 comment

Mosaiq Monitor, yang sebentar lagi akan berubah nama.. adalah suatu aplikasi telah dipakai oleh beberapa perusahaan Farmasi besar baik lokal mapun asing di Indonesia. Memang khusus untuk perusahaan farmasi. Aplikasi ini terbagi menjadi 3 modul besar menangani 3 fungsi utama :

1. Call.

Module call ini digunakan untuk memonitor kunjungan Medical Representatif(MedRep) ke Dokter maupun ke outlet (apotik).Kunjungan apa?? jelas promosi obatšŸ˜€

Module ini terbagi lagi menjadi beberapa sub module, yaitu :

  • coverage –> menunjukkan dokter2 mana saja dan apotik2 mana saja yang bisa dikunjungi oleh Medrep X. dimana MedRep X ini biasanya memegang di wilayah tertentu.
  • Plan–> di sub module ini, Atasan membuatkan Planning untuk bawahan(MedRep). Misal: Tanggal 12 Juli 2010, MedRep X mengunjungi Dokter A, Dokter B, dan Apotik P dst. Di Submodule ini ada fitur kalender seperti di Ms Outlook. Sehingga akan sangat memudahkan.
  • Call –>digunakan untuk merekam aktifitas kunjungan. MedRep mengunjungi Dokter, maupun Apotek pada jam sekian, untuk mempromosikan obat diare, waktu tunggu sekian menit, melakukan kunjungan bersama siapa.. semua akan tersimpan melalui subĀ  module ini.

2. Sales

Sesuai dengan namanya, module ini digunakan untuk monitoring sales (penjualan). Salesnya siapa? Salesnya Area.Data didapatkan dari mana? Data penjualan didapat dari Invoice Distributor. Biasanya, Distributor akan mengirimkan file dalam format excel yang nantinya akan di import oleh aplikasi ini. Selain Invoice dari distributor, disini juga dapat di definisikan Target. Target per Area-MedRep dan per product.

3 Sales Support.

Module ini, digunakan untuk merekam aktivitas sales support. Sales support adalah event2/seminar/simphosium yang diselenggarakan dengan tujuan akhir ‘promosi product’. participant nya bisa macam2, tapi biasanya diikuti oleh dokter. Dimulai dari budgeting (permintaan budget), kemudian budget realization. Disini juga ada workflow dalam proses budget realization nya.

Selain 3 modul besar diatas, banyak fitur2 yang tidak kalah menarik dan sangat memudahkantentunya, diantaranya adalah fitur untuk leave activity, area schema(tree view), Product schema(tree view), generate template, import from file, Report, dan BI menggunakan share point.

ada yang tertarik?

ini adalah project saya beberapa bulan yang lalu.

Entry filed under: About My Job. Tags: .

Saya ingin menjadi orang yang berbeda eh..cerita bagus dari suami

1 Comment Add your own

  • 1. demi  |  May 3, 2012 at 10:57 am

    saya tertarik,
    dalam bentuk excel atau software

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


About Me

Seorang Istri , Seorang Ibu. owner www.TokobajuMuslimah.com

Pusat Busana Muslimah


%d bloggers like this: